Sabtu, 13 Agustus 2011

Puasa Ramadhan di negeri Ginseng Tahun ini lebih menantang..!!

Alhamdulilah masih di beri kesehatan dan kesempatan untuk berjumpa dengan bulan yang suci dan penuh ampunan ini ,ya puasa Ramadhan tahun 2011 ini terasa lebih menantang dan berat sebab kita berada di bulan agustus dimana pada bulan itu teman-teman yang khususnya berada di daerah subtropis terutama bagi teman pekerja dan pelajar di korea sedang menghadapi musim panas atau summer dengan rata-rata rentan waktu siangnya lebih panjang sekitar 13 jam.Pada awal ramadhan 1 Agustus tercatat waktu subuh jatuh pada Jam 03:55 dan waktu Maghribnya jatuh pada jam 19:31 (Islamic Finder Regional Korea)

Hal yang paling berat di alami oleh para teman pekerja,bagi mereka yang masuk siang atau dalam bahasa koreanya "Chugan" harus menghadapi ujian yang cukup berat,selain dari rasa lapar dan haus mereka harus berjibaku dengan kesibukan kerja di tempat yang kadang dengan cuaca rata-rata 34-40" C..! fiuh.Dengan keadaan seperti itu kadang ada yang tidak kuat puasanya juga banyak juga yang dapat menjalankan ibadah puasa sampai tuntas.

Cobaan tidak sampai di situ saja,orang kantor di tempat teman-teman bekerja kadang mengatain yang berpuasa denagn kata begini (contoh) "kamu bodoh..! kalau tidak makan kamu bisa mati.. !!" ,kalau kamu tidak makan apa bisa kerja..?,dan mereka hanya bisa tersenyum ,semua bisa di maklumi karena pengetahuan  orang korea tentang ajaran agama islam masih sedikit karena sebagian penduduk korea banyak yang tidak beragama,yang ada hanya kepercayaan kepada arwah leluhur dan nenenk moyang.
Suasana kota Daegu di sore hari

Bagi teman pekerja yang mempunyai jadwal kerja malam atau "Yagan" mereka lebih beruntung,dikarenakan bisa melaksanakan ibadah puasa dengan lebih tenang ,ketika siang tiba sepulang kerja bisa di gunakan untuk tidur sambil menanti adzan maghrib.

Kadang hari  minggu libur dari aktivitas kerja dan bisa lebih khusu' dalam menjalankan ibadah puasa,tapi jika hari libur di gunakan untuk refresing atau sekedar jalan-jalan ke kota lain lagi,kita yang berpuasa di tuntut lebih sabar dan menahan diri dari segala pandangan sekitar sebab pada musim panas pakaian dari anak-anak muda korea juga semaunya :D .Mereka sangat cuek terhadap pakaian yang mereka gunakan yang penting diri mereka nyaman dan tidak mengganggu orang lain dan mereka anggap sebagai hal biasa dan mungkin menurut kita pakain mereka yang terutama cewek kadang membuat risih hehehe..

Saran untuk teman-teman yang berpuasa,lebih baik berdiam diri di dalam kamar saja biar lebih khusu' ibadahnya juga semoga puasa kalian tetap lancar di tengah cobaan yang begitu berat serta jika ada teman yang puasanya bolong jangan lupa di bayar dengan mengganti puasa di lain hari dan juga membayar fidyah.Semoga kita di pertemukan dengan Ramadhan di tahun depan ..Insya Alloh ..Amien..

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar